Ciri-ciri Kanker Anal

Kanker anal merupakan sebuah jenis kanker atau keadaan dimana tubuh seseorang diserang oleh tumor ganas yang berada padas sel dalam anal. Pada umumnya, kasusu ini paling sering dialami seluruh anal atau kulit tepi anal. Penyakit kanker nal juga dikenal sebagai sebuah keadaan diman terjadi pembentukan sel-sel kanker di jaringan-jaringan dubur atau anus.

Ada beberapa faktor yang terkait dengan hal ini, seperti misalnya perubahan terhadap patologis pada anak, infeksi virus HIV, kebiasaan merokok, Aktivitas seks, dan juga HPV atau human Papillomavirus.

Ada beberapa ciri-ciri kanker anal yang diantaranya adalah sebagai berikut :

>> Merasa nyeri di bagaian anal
Salah satu gejalanya adalah rasa nyeri yang sering muncul di area anal, awalnya akan merasakan sedikit sakit namun ada peningkatan rasa nyeri tersebut. Peningkatan akan terjadi saat invasi tumor sudah sampai di dalam saluran anal.

>> Terjadinya pendarahan pada anal
Terjadinya pendarahan di bagian anal atau rektum sudah terjadi dan kita menyadarinya, segera periksakan ke dokter ini menjadi kurang wajar apabila pendarahan muncul secara tiba-tiba tanpa sebab.

>> Buang air besar yang terlalu sering
Seringnya buang air besar juga bukan hal yang baik dan menyehatkan. Meski sembelit dan konstipasi sebetulnya juga tidak sehat, frekuensi buang air besar yang meningkat perlu menjadi kecurigaan kita.

>> Ukuran Feses lebih kecil
Anda menemukan bahwa bentuk feses mengalami perubahan. Feses yang menjadi lebih kecil ukurannya ketimbang biasanya dapat menjadi tanda-tanda adanya kanker anal. jika perubahan pada kebiasaan BAB seperti ini dan terjadi lagi pada BAB selanjutnya, jangan sepelekan apalagi kalau gejala lainnya turut muncul.

>> Buang air besar disertai darah
Kita perlu bergerak dan bertindak cepat ketika BAB pun berdarah. Keluarnya darah bersamaan dengan feses bukanlah hal biasa, meski memang ini bisa menjadi gejala ambeien. Gejala kanker anal yang satu ini sebaiknya diperiksa melalui proses pemeriksaan DRE. Mengetahui gejala tersebut secara jelas adalah hal yang terpenting.

>> Kelenjar getah bening akan membengkak
Kelenjar getah bening yang mengalami pembesaran juga bisa menjadi tanda kondisi penyakit lain, namun perhatikan juga dimana area pembesaran tersebut terjadi sebelum mengabaikannya. Biasanya pembesaran bakal terjadi di bagian paha oleh karna itu pemeriksaan CT scan sangat dianjurkan untuk ditempuh pasien supaya bisa mengetahui ada tidaknya metastasis.

>> Gatal-gatal pada anal
Bila rasa gatal itu muncul secara berlebihan dan cukup sering, ini bisa saja menandakan adanya ketidakberesan pada kesehatan anal. Ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter apabila memang gatal-gatal terjadi bahkan setiap hari.

>> Buang air besar yang tidak lancar
Ketidaklancaran BAB kadang juga bisa di karenakan adanya gangguan pencernaan tapi kalau disertai gejala-gejala lainnya, ini perlu ditangani segera.

0 Response to "Ciri-ciri Kanker Anal"

Posting Komentar